Simulasi Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS Khusus Lapas Narkotika Pada Pemilihan Umum Tahun 2024 Bersama Pihak KPU Lampung Selatan dan Bawaslu Lampung Selatan. Jumat (02/02)

Acara diawali dengan pembukaan oleh Kepala Divisi Teknis KPU Kabupaten Lampung Selatan, Hendra Apriansyah. Dan dilanjuti oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Bandar Lampung, Ade Kusmanto.
Bertempat di Aula Lapas Narkotika Kelas IIA Bandar Lampung, sebanyak 21 Petugas Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Bandar Lampung melakukan Simulasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Selatan dan Badan Pengawas Pemilu Lampung Selatan. Simulasi ini dilaksanakan dalam rangka memperkuat pengetahuan dan pemantapan teknis Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) bagi TPS Lokasi Khusus yang berjumlah 21 petugas Lapas Narkotika yang terdiri dari 3 TPS Khusus 902, 903, dan 904 serta 6 petugas linmas yang terbagi 2 dalam tiap TPS.

Selanjutnya, Acara dilanjutkan dengan simulasi dan mekanisme mulai dari sumpah petugas KPPS, Pembukaan surat suara yang disaksikan oleh Pengawas dan saksi, Pemanggilan Daftar Pemilih, Pemberian Surat Suara, pencoblosan, pemasukan surat suara, dan terakhir tinta jari pada Daftar Pemilih sampai dengan tahap akhir yaitu penghitungan surat suara pada Form C-Hasil.

“Kegiatan Simulasi ini sangat berguna kendati kita sebentar lagi menghadapi hajat Pemilu yang harus dipersiapkan dengan matang sehingga ketika tiba hari pemilu kita sudah tidak ada kendala lagi dalam Pemilu 14 Februari mendatang, Giat Simulasi ini berguna untuk membantu warga binaan supaya tidak lupa cara mencoblos, karena kegiatan ini mensosialisasikan cara pencoblosan yang benar dan kami sangat mengapresiasi kegiatan simulasi yang dilaksanakan oleh pihak KPU dan Banwaslu di Lapas Narkotika Bandar Lampung ini” ucap Kalapas Ade Kusmanto.