Kontingen Apeksi  Kota Bandar Lampung sukses menampilkan aksi seni dan budaya pada Karnaval Budaya Nusantara, di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (5/6/2024) malam.

Karnaval budaya menjadi salah satu rangkaian pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2024, itu ditonton oleh ribuan masyarakat.

Pada acara yang dipusatkan di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome, Kota Balikpapan itu kontingen asal Kota  Bandar Lampung mampu memukau penonton yang hadir.

Puluhan peserta yang mengenakan pakaian khas daerah Lampung, dalam penampilannya itu mampu menghibur masyarakat, undangan, anggota Apeksi sekaligus para Walikota se-Indonesia.

Baca Juga :  Pj Gubernur Lampung Terima Kunjungan LAZ Bakrie Amanah

Tepuk tangan dan sorak sorai meriah menghiasi saat kontingen Kota Bandar Lampung melintas di depan podium yang beranggotakan para Walikota termasuk Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana.

Ketua Dewan Pengurus Apeksi Eri Cahyadi, pun turut memberikan salam kepada rombongan karnaval budaya yang dipimpin kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung, Eka Afriana.

“Karnaval budaya nusantara ini menjadi sarana promosi budaya daerah Lampung ke masyarakat luas Indonesia khususnya masyarakat Kota Balikpapan,” ujar Kepala Disdikbud Bandar Lampung.

Baca Juga :  Unila Gelar Kejurnas Pencak Silat Piala Rektor II

Pada karnaval budaya nusantara, pihaknya membawa puluhan peserta lengkap dengan pakaian adat Lampung termasuk pakaian pengantin dari masyarakat Pepadun, Pesisir, dan Melinting.

Termasuk di barisan depan karnaval budaya ini diikuti Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Seraden; Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Dirmansyah; dan pejabat lainnya.

“Kami sangat bersyukur karnaval budaya nusantara yang kami ikuti ini berjalan dengan aman dan lancar. Alhamdulillah juga penampilan kami disambut baik masyarakat setempat,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Apeksi Eri Cahyadi, mengatakan karnaval budaya nusantara ini menampilkan keragaman budaya di Indonesia. Perbedaan berupa seni, budaya, dan adat, ini memicu kesatuan antar sesama.

Baca Juga :  Nanang Ermanto Resmikan Hasil Bedah Rumah Milik Warga Pasuruan

“Karnaval budaya ini menunjukkan ketika kita berbeda, maka tetap ada satu kekuatan yang besar, yaitu kekeluargaan yang luar biasa,” ujar Walikota Surabaya itu.

Untuk itu, lanjutnya, acara karnaval budaya ini memberikan manfaat yang baik bagi seluruh masyarakat Indonesia. “Karena itulah, kita disatukan pada karnaval ini,” tuturnya.

Diketahui, karnaval budaya nusantara diikuti sekitar 6.500 peserta dari 69 kota se-Indonesia, itu turut disaksikan Walikota Solo sekaligus Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.