Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani Menghadiri Serta Meresmikan Jembatan Gantung Sinar Pelangi di Pekon Negara Batin

Tanggamus, – Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani menghadiri serta meresmikan Jembatan Gantung Sinar Pelangi di Pekon Negara Batin Kecamatan Kotaagung Barat Kabupaten Tanggamus, Rabu 31 Agustus 2022.

 

Sebelumnya, Jembatan Gantung Sinar Pelangi merupakan satu – satu nya akses jalan penghubung antara pedukuhan Sinar Maju dengan Kampung Bayur yang dipergunakan bagi masyarakat dan para petani dalam membawa hasil bumi, yang harus melewati jembatan tersebut.

 

Turut hadir dalam kegiatan, Kepala Dinas PU diwakili Kabid Perumahan dan Pemukiman Ari Yuda, Camat Kotaagung Barat Pirdaus, Kepala Pekon Negara Batin Mirza YB (WK Panglima Pengitokh Alam Tanggamus), Selamat Riyadi Kepala Pekon Teba Bunuk, Kepala Pekon Kandang Besi, Uspika Kecamatan, Ketua Apdesi, Para Kepala Pekon, TAPM Kabupaten Tanggamus Muhammad Bindarsyah, dan tenaga pendamping profesional Kecamatan Kota Agung Barat baik Pendamping Desa maupun Pendamping Lokal Desa, BHP pekon, Ketua TP. PKK Pekon, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Takoh Masyarakat dan Para Masyarakat Pekon Negara Batin Kecamatan Kotaagung Barat yang hadir.

 

Dalam hal ini, Bupati Tanggamus menyampaikan, bahwa ini adalah jembatan yang terbangun dari ADD yang merupakan inisiatif dari kepala pekan negara batin, aparatur pekon, tokoh agama, adat, dan masyarakat setempat dan jembatan ini sudah dapat dibangun dan bermanfaat.

 

“Kami pemerintah daerah mengucapkan banyak terima kasih, karna ini merupakan bentuk sinergitas antara Pemerintah Pekon dengan Pemerintah Kabupaten yang memang kita harapkan, dalam melaksanakan agenda pembangunan yang memang harus berkolaborasi dan bersinergi selalu, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Tanggamus kita ini,”ujarnya.

 

Lanjut Bupati, “Semoga jembatan ini nanti dapat bermanfaat dan menumbuhkan ekonomi yang lebih baik lagi untuk masyarakat di Pekon Negara Batin ini, karna Jembatan nya begitu cantik dan juga bisa menjadi sport yang menarik dan juga nanti bisa tumbuh UMKM yang di kelola oleh masyarakat karna menjadi tempat yang ramai untuk di kunjungin,”terangnya.

 

Bupati berharap, jembatan ini bisa di jaga dan dipelihara sehingga produk pembangunan ini bermampaat bagi masyarakat dan kehidupan masyarakat kedepan nya akan lebih baik lagi.

 

Bupati mengajak kepada semua pihak untuk tetap menciptakan suasana yang solid dan kondusif. Dan ia berharap kedepan pandemi segera berakhir, dan kebijakan fiskal dari pusat tidak seperti saat ini sehingga dampaknya pembangunan akan lebih banyak dilaksanakan sehingga dirasakan oleh masyarakat.

 

“Dengan demikian pembangunan akan lebih banyak lagi kita lakukan, dan kebutuhan masyarakat juga akan lebih banyak diakomodir, termasuk tadi ada usulan bronjong mudah mudahan bisa kita anggarkan di tahun 2023,”Tutup Bupati.

 

Sementara Itu, Kepala Pekon Negara Batin Mirza YB menyampaikan jembatan gantung tersebut dibangun pada tahun 2007 melalui hibah dari bank dunia melalui program penanggulangan kemiskinan perkotaan (P2KP). Akan tetapi sejak dibangun jembatan penghubung antara dusun Sinar Maju dengan Dusun Bayur tersebut belum dilakukan rehabilitasi.

 

“Alhamdulillah melalui program Ketahanan pangan tahun 2022 ini. Jembatan tersebut bisa direhab. Tujuan direhabnya jembatan ini selain melancarakan transportasi jalan usaha tani masyarakat, juga untuk kepentingan yang sangat urgent seperti warga yang sakit, tentu keberadaan jembatan ini sangat diperlukan, di dusun Bayur sendiri dihuni oleh puluhan warga yang tentunya juga harus kita perhatikan,”terangnya.

 

Ia juga menyampaikan terimakasih atas dukungan semua pihak, termasuk camat serta pendamping desa dalam hal ini yang secara terus menerus memberikan dorongan dan motivasi agar jembatan tersebut dapat segera direhabilitasi, sehingga akses diwilayah tersebut tidak terhambat,”paparnya.

 

Dikesempatan tersebut, Pendamping lokal desa Santoni Hidayat menyampaikan apresiasi terhadap Pekon Negara Batin yang telah membangun akses jalan penghubung Jembatan Gantung Sinar Pelangi.

 

“Alhamdulillahirobbilalamin pada hari ini telah dilaksanakan kegiatan peresmian jembatan gantung di mana jembatan gantung ini merupakan satu-satunya akses jalan menuju persawahan masyarakat Pekon Negara Batin dan jalan penghubung antara pendukuhan sinar maju dengan pendukuhan kampung Bayur. Pembangunan jembatan gantung ini ialah bersumber dari dana desa yang dialokasikan untuk ketahanan pangan 20% dari dana desa. Ini merupakan salah satu prioritas kementerian desa sesuai dengan tujuan SDG’s desa,” jelasnya.

 

Dalam kegiatan tersebut Bupati Tanggamus memberikan Sedikit bantuan dan juga mengunjungi salah satu warga pekon negara batin ibu iwanah yang mendapat bantuan bedah rumah melalui Dinas PUPR Tanggamus. (Mas’ud/Tim)