Temu Alumni Prakerja Lampung Ini Kata Choach Ican dan Cahyo

Prakerja berkolaborasi dengan Cariilmu, Hadirkan Ratusan Alumni Program Kartu Prakerja di Lampung

Bandar Lampung, 3 September 2023

Menyambut September 2023, salah satu mitra lembaga pelatihan dalam Program Kartu Prakerja yaitu Cariilmu mengadakan temu alumni di Lampung. Dalam rangka melanjutkan seri Temu Alumni Prakerja yang sudah dimulai sejak Juni tahun 2022 di Sentul. Acara ini dihadiri oleh Wali Kota Bandar Lampung yaitu Ibu Eva Dwiana, Direktur Pemantauan Ekosistem dan Evaluasi Program Kartu Prakerja Cahyo Prihadi, dan lebih dari 200 orang perwakilan Alumni Prakerja di Provinsi Lampung. Seri Temu Alumni Prakerja sendiri sudah dilakukan di beberapa kota seperti Sintang, Bontang, Madiun, Surabaya, Yogyakarta dan Banda Aceh sebelum akhirnya diselenggarakan di Kota Bandar Lampung. Lampung sendiri menjadi salah satu provinsi dengan total jumlah penerima Program Kartu Prakerja yang besar dengan total lebih dari 534 ribu penerima sejak 2020. Total dana insentif yang tersalurkan untuk provinsi Lampung mencapai lebih dari 1.2 Trilliun sampai dengan Maret 2023. Program Prakerja telah membantu angkatan kerja Lampung untuk memiliki kompetensi dalam berbagai bidang dan juga keterampilan untuk berwirausaha.

Berkolaborasi dengan Cariilmu, acara ini merupakan bukti komitmen untuk terus mendukung program pemerintah seperti Prakerja dalam membangun sumber daya manusia emas, “Dalam visinya untuk membangun sumber daya manusia di Indonesia yang berkualitas, Cariilmu terus mendorong para alumni Prakerja untuk bersama-sama meningkatkan potensi dan mengikuti kelas pelatihan yang bisa didapatkan melalui Program Kartu Prakerja” ujar Founder Cariilmu yaitu Muhammad Irsan atau kerap dipanggil Coach Ican.

Acara yang diselenggarakan pada tanggal 03 September 2023 dan berlokasi di Hotel Golden Tulip Springhill Bandar Lampung ini memungkinkan para alumni untuk bisa saling berinteraksi secara langsung dan membangun relasi. “Dari acara ini diharapkan para Alumni Prakerja dapat terus mau meningkatkan kompetensinya, menjadi pembelajar sepanjang kehidupan; mengembangkan koneksi dan bukan hanya itu diharapkan para Alumni Prakerja juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi Provinsi Lampung” Kata Cahyo Prihadi, Direktur Pemantauan dan Evaluasi Manejemen Pelaksana Program Kartu Prakerja.

Selain itu acara yang dimeriahkan dengan berbagai acara menarik ini juga memberikan kesempatan kepada para alumni untuk bertemu dan berdialog langsung dengan pihak Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP) serta Founder dari Cariilmu.

Acara ini juga disambut baik oleh Pemerintah Daerah Kota Bandar Lampung yang menyampaikan dukungan untuk Program Kartu Prakerja. “Program Kartu Prakerja yang sudah berjalan selama 4 Tahun telah membantu Pemerintah provinsi Lampung untuk mengurangi angka pengangguran dan menciptakan Sumber Daya Manusia yang mampu bersaing dalam dunia kerja, tentunya Program Kartu Prakerja harus bisa terus dilaksanakan seiring perkembangan ekonomi di Indonesia” Kata Ibu Eva Dwiana, Walikota Bandar Lampung
Program Kartu Prakerja di Kota Bandar Lampung sendiri telah menjangkau lebih dari 79 ribu masyarakat Kota Bandar Lampung. Lima kelas pelatihan yang paling diminati pada provinsi Lampung yakni kategori pelatihan penjualan dan pemasaran (strategi pemasaran dan penjualan), makanan dan minuman (mengolah makanan sehat), gaya hidup (teknik tata rias), bahasa asing, dan manajemen ( membangun start up).

Para Alumni dalam acara ini juga menyampaikan berbagai manfaat positif yang diterima dari Prakerja melalui Cariilmu. Salman Budiawan misalnya menyebutkan bahwa kesempatan belajar di Cariilmu adalah kesempatan berharga karena bisa mengikuti pelatihan dengan para trainer yang profesional dalam mengajar.

Salman Budiawan dan para Alumni berharap bahwa Temu Alumni Prakerja bisa dilaksanakan setiap tahunnya, “Acara Temu Alumni Prakerja kali ini seru banget, banyak manfaat yang di dapetin apalagi dengan Cariilmu sebagai penyelenggara yang juga bermanfaat banget kelas-kelas pelatihannya, semoga akan ada Acara Temu Alumni lagi di waktu kedepan di daerah Lampung dan sekitarnya”, ujarnya.