Lampung. Upacara puncak Peringatan Hari ulang tahun ke-78 Tentara Nasional Indonesia di Provinsi Lampung, dilaksanakan di Lapangan Korpri Komplek Kantor Gubernur Lampung. Jl. Wolter Monginsidi No.69, Talang, Kec. Teluk Betung Selatan, Kota Bandar Lampung, Lampung. Kamis, 5 Oktober 2023.

Bertindak selaku Inspektur upacara, Komandan Korem 043/Gatam, Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, S.E., Komandan upacara dijabat oleh Letkol Marinir Fuzi Nugraha, M.Tr. Hanla. yang sehari-hari menjabat sebagai Danpuslatpurmar 8 Teluk Ratai. Pasukan upacara terdiri dari gabungan TNI-POLRI, Pol PP, Basarnas, BNPD, OPD Pemprov Lampung, Ormas, Mahasiswa dan Pelajar. Komandan Lanal Lampung, Kolonel Laut (P) Muhammad Nizarudin, S.E., M.H., CHRMP didampingi Ketua Cabang 3 Korcab III DJA I, Ny. Titah M. Nizarudin. Hadir Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, Danlanud PMB, Letkol Pnb Yosi Hadi Wiyanto, Danbrigif 4 Marinir, Kolonel Marinir Bob Osianto Siregar, S.E., M.M. diwakili, Hadir sebagai undangan Sesupuh purnawirawan TNI dari tiga angkatan TNI di Lampung. Warakauri, Forkopimda Provinsi, Persit Kartika Chandra Kirana, Jalasenastri, dan Pia Ardyagarini.

Dalam amanat Panglima TNI yang dibacakan Irup disampaikan, Selama 78 tahun, berbagai ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan terhadap kedaulatan Negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah telah berhasil diatasi dengan baik. Momentum HUT TNI ke 78 harus dijadikan bahan introspeksi untuk berbenah demi mewujudkan TNI yang profesional, modern dan tangguh. Dengan tema “TNI PATRIOT NKRI, PENGAWAL DEMOKRASI UNTUK INDONESIA MAJU”, yang mengandung makna, bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi

dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera. Tema ini kita angkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024. Dimana akan

dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil

Presiden, pemilihan anggota legislatif serta Pilkada serentak di 548 daerah; yaitu pada 38 Provinsi, 415 Kabupaten dan 98 Kotamadya.

Usai upacara dilaksanakan demonstrasi kemampuan beladiri gabungan Prajurit TNI wilayah Lampung, dilanjutkan Defile. Acara syukuran dan ramah tamah dilaksanakan di taman Satpol PP Provinsi Lampung.