H. Darussalam SH Calon Anggota DPR RI Dapil Satu Lampung

Lampung, – H. Darussalam S.H. adalah salah satu tokoh Organisasi Masyarakat (Ormas) Keluarga Besar Batanghari Sembilan (KBBS) yang memulai hidupnya mulai dari kaki Taman Nasional Bukit Barisan Selatan Kecamatan Talangpadang Kabupaten Tanggamus menjadi pengusaha properti hingga politikus.

Ini diceritakannya secara langsung pada media ini bagaimana dirinya saat masih muda mengumpulkan kopi dari lereng-lereng perkebunan kaki TNBBS naik sepeda motor trail menaklukan jalan tanah yang kiri-kanannya jurang. Jasmerah, trail dua tak itu masih dirawatnya hingga kini.

Darussalam akhirnya melanjutkan perjuangannya menaklukan Kota Bandarlampung. Semua pekerjaan sudah dilakoninya, mulai dari ngebor air, tukang becak di Gang PU, dan pekerjaan-pekerjaan lainnya.

Dari pergaulannya dengan semua kalangan, pengusaha kaya, preman, intelektual, dan lainnya, pria yang fasih berbahasa Lampung, Jawa, dan mandarin yang beristrikan notaris asal Kabupaten Lampung Barat, Elti Yunani, SH, MH, MKn berhasil menjadi sarjana hukum dan masuk politik yang awalnya bergabung dengan Prabowo Subianto pada pesta demokrasi 10 tahun lalu.

Siapa sangka, dari pergaulan dan upaya keras peningkatan kualitas diri, Darussalam mendapatkan kesempatan menyampaikan kuliah umumnya kepada 2000-an mahasiswa baru Universitas Lampung (Unila) di GSG Unila, Kota Bandarlampung, Sabtu (2/9/2023).

Sekarang dari banyak pengalamannya, keinginannya saat ini mendedikasikan diri membela rakyat Lampung di Senayan. Ketum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) memberikannya kesempatan berada pada nomor urut 2 calon anggota DPR RI Dapil 1 Lampung dari PAN pada Pemilu 2024.

Dapil 1 Lampung meliputi Kabupaten Lampung Barat, Lampung Selatan, Tanggamus, Kota Bandarlampung, Kota Metro, Pesawaran, Pringsewu, hingga Kabupaten Pesisir Barat. Wilayah yang sangat dikuasai Darussalam.

H. Darussalam S.H. sudah merasakan dan mengalami sendiri bagaimana tak mudahnya perjuangan petani hingga kini. Sebagai Dewan Penasehat Persatuan Advokasi Indonesia (Advokasi), dirinya tahu betul bagaimana memperjuangkan dalam penegakkan hukum bagi rakyat.

Sebagai sosok yang hobi menjelajah dari kampung ke kampung, dirinya paham apa yang dibutuhkan masyarakat yang sebagian besar masih menggantungkan hidupnya dari kebaikan alam. Sebagai pengusaha properti, mantan staf ahli pertanahan Polda Lampung ini paham betul soal pertanahan.

Satu lagi cita-citanya yang ingin dicapainya dalam perjalanan hidup yang penuh liku, terjal, dan curam dari perkampungan yang bersebelahan dengan kawasan hutan TNBBS, yakni membela masyarakat Lampung dari Senayan.