Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-77, Kemenag Tubaba Serahkan Sertifikat Halal, Tanah dan KUA

Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, Zaidirina, menjadi pembina upacara pada Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama (Kemenag) setempat yang mengusung tema “Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat”.

Kegiatan berlangsung di Lapangan MAN 1, Tiyuh (Desa) Mulyo Kencana, Kecamatan Tulangbawang Tengah (TBT), Kabupaten Tubaba, Selasa (03/01/2023).

Selain Pj Bupati Tubaba, Zaidirina,  Hadir juga Ketua DPRD, Ponco Nugroho. Melalui sambutan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas yang dibacakan oleh Pj. Bupati Tubaba, menyampaikan bahwa hari ini telah memasuki Tahun Baru 2023.  Hal ini menjadikan tahun baru bukan sekadar penanda berakhirnya kalender tahun kemarin dan dimulainya kalender baru, namun bagi insan Kementerian Agama, setiap pergantian tahun selalu memiliki makna khusus.

“Di awal tahun, tepatnya hari ini, Selasa, 3 Januari 2023, keluarga besar Kementerian Agama memperingati HAB ke-77. Kita diajak untuk mengenal, memahami dan meresapi atau bertanya kembali mengapa dan untuk apa Kementerian Agama yang dulu bernama Departemen Agama ini dilahirkan pada 1946. Lalu, sebagai generasi penerus Kementerian Agama, sudahkah melakukan pengabdian sebagaimana khittah kelahiran Kementerian Agama atau belum,”terangnya.

Pada peringatan HAB ke-77 tahun ini, Menteri Agama mengajak kepada seluruh ASN Kemenag untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat. Serta menjadikan peringatan HAB ini sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia.

“Melalui peringatan HAB ini mari kita jadikan momentum untuk meningkatkan soliditas organisasi. Kita harus berada dalam satu barisan yang kuat, kokoh, dan terorganisir untuk Kementerian Agama yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” paparnya.

Sebagaimana tahun sebelumnya, bentuk apresiasi atas pengabdian kepada negara, Kementerian Agama tahun ini kembali mengajukan kepada Presiden untuk memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 10.073 Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama.

Permohonan itu telah dikabulkan Presiden. Sehingga pada HAB ke 77 ini, atas nama Bapak Presiden, diberikan Penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada 936 orang, 20 tahun kepada 2.860 orang, dan 10 tahun kepada 6.277 orang Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama.

“Selamat kepada para penerima penghargaan. Semoga penghargaan tersebut semakin meningkatkan kinerja ASN Kementerian Agama dan menambah kebanggaan, sebagai bagian dari korps Kementerian Agama,” tuturnya.

Sementara itu, Plt Kemenag Kabupaten Tubaba, Anthon Shofari, mengatakan dalam Peringatan HAB ini kita menyalurkan sejumlah penghargaan dan sertifikasi terhadap Pemerintah Daerah hingga Masyarakat.

“Pihaknya menyerahkan penghargaan dari Kemenag RI melalui Dirjen Pendis kepada Pemerintah Daerah Tubaba yang diterima langsung oleh Pj. Bupati dalam rangka partisipasi dan kontribusi dalam pengembangan dan kebijakan positif bagi pendidikan agama Islam di sekolah,” kata Anthon.

“Selain itu, kita juga melakukan penyerahan sertifikasi halal terhadap sejumlah masyarakat Pelaku UMKM sebanyak 300 sertifikat, dan masih ada lagi pengajuan sekitar 350 sertifikasi halal yang masih diproses.” Katanya.

Kemudian, ada juga penyerahan sertifikat Pospenas juara III lari 200 Meter, terhadap Mutiara Istiqomah yang dilaksanakan di Surakarta pada tanggal 23-27 November 2022 lalu. Dan penyerahan sejumlah sertifikat tanah wakaf dan hibah Masjid, Musholla, serta Kantor KUA.

“Hari Amal Bhakti Kemenag 2023 adalah peringatan hari lahirnya Kementerian Agama yang jatuh setiap Tanggal 3 Januari. Kita berharap melalui momentum ini dapat meningkatkan soliditas organisasi dan kinerja para Pegawai di Kemenag dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tutupnya.